Cloud Computing

December 02, 2015

Cloud computing atau dalam bahasa Indonesia memiliki arti Komputasi Awan, merupakan definisi untuk teknologi komputasi grid (grid computing) yang digunakan pada pertengahan tahun hingga akhir tahun 1990-an. Cloud computing digunakan untuk memindahkan data-data, layanan, ataupun aplikasi yang biasa kita gunakan ke internet, tidak disimpan pada komputer pribadi lagi.

Cloud computing membuat siapapun bebas untuk mengembangkan data atau aplikasi yang tersimpan di dalamnya dan merupakan layanan berbasis SOA (Service Oriented Architecture) pada jaringan internet


Cloud computing memiliki banyak manfaat dalam pengoprasiannya, pengguna dapat dengan mudah berbagi file dengan orang lain dalam lingkungan yang sama untuk mengembangkan data ataupun aplikasi, selain itu kita mendapatkan manfaat ekonomin dengan adanya cloud computing.

Beberapa contoh aplikasi yang berhubungan dengan cloud computing menggunakan e-mail untuk melakukan registrasi. Hanya dengan menggunakan Gmail atau Yahoo Mail, tanpa perlu menggunakan Outlook atau aplikasi desktop lainnya untuk masuk. Membaca email dengan browser dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, selama masih dalam jangkauan koneksi internet. 

Aplikasi Berbasis Cloud Computing
  • Google Drive

    Google Drive adalah layanan cloud storage yang digunakan untuk menyimpan file-file pada cloud. Layanan ini juga menyediakan fasilitas untuk mengedit file yang jenisnya didukung, seperti Office dan gambar melalui Google Docs.
    https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/a/ad/Logo_of_Google_Drive.svg/2000px-Logo_of_Google_Drive.svg.png
    Pada Google Drive, pengguna hanya perlu memiliki akun Gmail untuk dapat menggunakan fasilitas ini, Google Drive adalah satu di antara fasilitas yang disediakan oleh Gmail. Fasilitas yang diluncurkan pada 24 April 2012 ini sebenarnya pengembangan secara lanjut dari Google Docs. Google Drive menyediakan 5 Gb untuk penyimpanan di dalamya, selain itu pengguna juga dapat melakukan pembayaran atau pembelian storage untuk penambahan tempat penyimpanan. File yang tersimpan pada Google Drive dapat dengan mudah diakses kapanpun dan dimanapun hanya dengan bantuan desktop, laptop, ataupun smartphone. Pengguna dapat melakukan pengembangan terhadap file atau aplikasinya dan berbagi dengan orang lain yang terhubung dengan drive miliknya.

    Google Drive juga tersedia dalam bentuk aplikasi desktop yang membuat file dalam komputerakan tersinkronisasi secara otomatis antara file dalam komputer dengan file dalam Google Drive.

  • Dropbox

    Dropbox merupakan tempat penyimpanan file di internet dengan kapasitas besar. Dropbox sendiri memiliki peranan penting dalam meningkatkan rating Google. Sama seperti Google Drive yang menggunakan akun Gmail untuk melakukan registrasi, Dropbox juga menggunakan Gmail untuk pengaksesannya.

    Dalam melakukan penyimpanan, pengguna hanya perlu meletakkan file pada Dropbox Offline, kemudian dengan sendirinya akan tersinkronisasi dengan Dropbox Online dan file akan tersimpan di dalamnya.


    Jika file apapun yang terupload dalam Dosbox legal dan akan dibagikan dalam website, blog, atau jejaring sosial, maka file tersebut akan menembus ratusan ribu dalam sekejap pada rating pencarian melalui Google.

  • YouTube

    https://www.youtube.com/yt/brand/media/image/YouTube-icon-full_color.png 
    Berbeda dengan Google Drive dan Dopbox, YouTube hanya menyediakan penyimpanan file dalam bentuk video. YouTube juga terkoneksi langsung dengan Gmail. Pengguna harus memiliki aun Gmail untuk dapat mengunggah videonya ke YouTube. Tetapi jika kita tidak memiliki akun Gmail, kita dapat dengan leluasa melihat video atau film yang ingin kita lihat tanpa perlu melakukan registrasi. Selain itu kita juga dapat berbagi file yang kuta unggah ke berbagai blog, forum, dan jejaring sosial.

Sumber:
Winarno Edy, dkk. 2013. Step by Step Aplikasi Google Apps. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Sulianta Feri. 2013. Trik Rahasia Mendapatkan 1.000.000 Hits di Google. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Cloud Computing. Dalam reza_chan.staff.gunadarma.ac.id diakses tanggal 2 Desember 2015.
Komputasi Awan. Dalam www.id.wikipedia.org diakses tanggal 2 Desember 2015.
YouTube. Dalam www.id.wikipedia.org diakses tanggal 2 Desember 2015.

You Might Also Like

0 Coments

Pageviews

Instagram

Soon To Be ...