Rangkuman Fungsi Bahasa

October 06, 2013


Pengertian Bahasa

Menurut Gorys Keraf (1997: 1), bahasa merupakan alat komunikasi anggota masyarakat berupa simbol yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Mungkin ada yang keberatan dengan mengatakan bahwa bahasa bukan satu-satunya alat untuk mengadakan komunikasi. Mereka menunjukan bahwa dua orang atau pihak yang mengadakan komunikasi dengan mempergunakan cara-cara tertentu yang telah disepakati bersama. Lukisan-lukisan, asap api, bunyi gendang atau tong-tong dan sebagainya. Pada zaman dahulu contohnya, dimana manusia purba masih menggunakan lukisan-lukisan gua untuk berkomunikasi ataupun menggunakan bahasa isyarat. Tetapi mereka itu harus mengakui pula bahwa bila dibandingkan dengan bahasa, semua alat komunikasi tadi mengandung banyak segi yang lemah.

Bahasa memberikan kemungkinan yang jauh lebih luas dan kompleks dibandingkan yang dapat diperoleh dengan mempergunakan media tadi. Bahasa haruslah mempunyai bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia. Bukanlah sembarang bunyi melainkan bunyi itu sendiri haruslah merupakan simbol atau perlambang.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa bahasa merupakan suatu alat komunikasi yang digunakan antar manusia satu dengan manusia lainnya yang berasal dari alat ucap dan memiliki makna atau keseragaman untuk membuat sebuah komunikasi berjalan efektif.

Aspek Bahasa

Bahasa adalah sebuah komunikasi yang menggunakan simbol-simbol vokal (suara) yang dapat diperkuat dengan gerak tubuh. Bahasa merupakan simbol karena rangkaian bunyi yang dihasilkan oleh suara manusia memiliki makna tertentu. Simbol adalah sebuah tanda yang mengacu kepada suatu yang dapat dimengerti oleh manusia. Apabila manusia mengatakan A maka A lah yang dimaksud, bukan B, C, D atau lainnya. Begitupun apabila manusia mengatakan pensil, maka sebuah pensillah yang dimaksud, bukan piring, mangkuk ataupun gelas.

Bahasa mencangkup dua bidang, yaitu vokal dan makna dari vokal yang diwakili oleh sebuah benda. Bunyi atau suara merupakan getaran yang dihasilkan oleh suatau benda yang bergetar dan dapat merangsang pendengaran manusia sehingga otak kita dapat menyimpulkan bahwa hal itu adalh bunyi. Sedangkan makna adalah kandungan dalam suara yang membuat manusia menyimpulkan sesuatu dari bunyi itu sendiri.

Makna yang terkandung dalam sebuah bunyi tidaklah memiliki keharusan bahwa suatu bunyi tersebut mengandung arti tertentu. Apabila disebutkan seekor hewan berkaki empat, maka tidaklah selalu dikatakan kucing, cat, atau neko. Hal itu tergantung dari kesepakatan bahasa yang telah dibuat oleh manusia.

Fungsi Bahasa

Bahasa sebagai alat komunikasi, dimana bahasa merupakan satu-satunya alat yang dapat digunakan untuk menunjukkan maksud antara manusia. Bahasa mengatur manusia dalam aktifitas masyarakat, mengarahkan, dan merencanakan masa depan.

Bahasa sebagai alat ekspresi diri, manusia memiliki banyak emosi dan ekspresi, dimana dengan bahasa manusia dapat dengan mudah mengutarakan apa yang dipirkannya. Seperti seorang yang kecewa ketika keinginannya tidak tercapai, maka ia akan meluapkan segala emosinya dengan sebuah amarah, tangisan, ataupun hal lainnya. Hal ini juga dilakukan oleh para pujangga untuk menuliskan segala gagasan yang dimilikinya dan memiliki makna yang sangat dalam.

Bahasa sebagai alat untuk melakukan adaptasi sosial, bahasa merupakan sebuah kebudayaan, sehingga bahasa memiliki peran penting bagi kelangsungan hidup manusia. Dengan adanya bahasa perlahan-lahan manusia belajar mengenai adat istiadat, tingkah laku, dan norma yang berlaku pada masyarakat.

Bahasa sebagai alat kontrol sosial, kontrol sosial adalah usaha untuk mempengaruhi tingkah laku dan tindak-tanduk orang lain. Bahasa mempunyai hubungan dengan proses sosialisasi suatu masyarakat. Proses sosialisasi itu dapat terjadi dalam beberapa hal, seperti keahlian berbicara. Bahasa juga dapat menentukan hal yang baik dan yang buruk.

Sumber:
Wahyu, Tri. 2006. Bahasa Indonesia. Jakarta: Universitas Gunadarma
http://id.shvoong.com/humanities/linguistics/2217598-fungsi-bahasa/T_wahyu.staff.gunadarma.ac.id

You Might Also Like

0 Coments

Pageviews

Instagram

Soon To Be ...