WhatsApp atau Yahoo! Messenger ?

October 16, 2013

WhatsApp


WhatsApp Messenger adalah aplikasi pesan seluler lintas platform yang memungkinkan pengguna untuk bertukar pesan tanpa harus membayar SMS. WhatsApp Messenger tersedia untuk iPhone, BlackBerry, Windows Phone, Android, dan Nokia, dan benar, semua ponsel ini bisa berkirim pesan satu sama lain! Ini dimungkinkan karena WhatsApp Messenger memakai paket data internet yang digunakan untuk mengirim email dan menjelajahi interenet, sehingga mengirim pesan dan tetap berhubungan dengan teman-teman tidak akan dikenakan biaya.

Selain fitur dasar berkirim pesan, pengguna WhatsApp dapat membuat grup, saling berkirim gambar, pesan video dan audio dalam jumlah tidak terbatas.

Yahoo! Messenger


Yahoo! Messenger merupakan program pengirim pesan instan populer yang disediakan oleh Yahoo!. Awal rilis bernama Yahoo! Pager (9 Maret 1998). Yahoo! Messenger tersedia secara gratis dan dapat diunduh serta diakses menggunakan Yahoo! ID yang biasa digunakan untuk mengakses layanan Yahoo! yang lainnya,
seperti Yahoo! Mail. Pengguna ID ini juga mengakibatkan pengguna dapat langsung diberitahukan bila mendapat sebuah e-mail. Yahoo! Messenger menawarkan berbagai fasilitas koneksi PC-PC, PC-Phone dan PC-to-PC Service, File Transfer, Webcam Hosting, Text Message Service, Chat Rooms.

Yahoo! telah menggunakan kerjasama dengan Microsoft untuk bergabung dalam jaringan instant messenger. Hal ini mengakibatkan Yahoo! Messenger dapat berhubungan dengan layanan. NET Messenger milik Microsoft. Layanan ini mulai berfungsi sejak 13 Juli 2006.

Dari penjelas menganai masing-masing aplikasi tersebut, inilah perbedaan keduanya:

1. Installing

Yahoo! Messenger, ya aplikasi ini memiliki tahapan penginstallan yang cukup panjang untuk dapat digunakan. Pengguna diharuskan mengunduh aplikasi ini dan mengikuti prosesnya secara urut. Sementara itu WhatsApp hanya membutuhkan waktu singkat untuk instal, hanya dengan mengunduh aplikasi dari Smartphone maka dengan mudah dapat digunakan.

2. First Registration

Pada saat registrasi WhatsApp, pengguna tidak perlu mengisi sebuah form untuk dapat menggunakan aplikasi. Hanya dengan memasukkan nomor ponsel dan aplikasi dapat dengan mudah digunakan. Berbeda dengan Yahoo! Messenger, setidaknya haruslah memiliki sebuah akun dalam Yahoo untuk dapat bisa menggunakan Yahoo! Messenger, mengisi sebuah form dan tentu saja membutuhkan waktu yang cukup lama.

3. Adding Friend

Jika ingin memiliki teman pada Yahoo! Messenger, pengguna diharuskan untuk menambahkan teman dengan cara manual, mengikuti tahap demi tahap, dan barulah teman yang diundang tercantum dalam daftar teman. WhatsApp memiliki cara yang lebih sederhana untuk hal pertemanan, hanya dengan memiliki nomor ponsel teman, maka dengan sendirinya semua teman yang tentu saja memiliki aplikasi WhatsApp akan tercantum dalam daftar teman.

4. LogIn System

WhatsApp tidak menuntut pengguna untuk LogIn terlebih dahulu untuk dapat menikmati fitur-fitur yang disediakan. Hal ini bertolak belakang dengan Yahoo! Messenger.

Selain dari perbedaan-perbedaan di atas, WhatsApp dan Yahoo! Messenger memiliki fungsi yang hampir sama. Dimana pengguna dimanjakan dengan berbagai fitur penunjang, seperti Video Call, Live Emoticon, dan pengiriman gambar. Hanya penggunalah yang dapat menentukan mana yang lebih baik dan aplikasi mana yang dapat lebih menunjang dalam urusan pengiriman pesan.

Sumber:
https://www.whatsapp.com
http://id.wikipedia.org/wiki/Yahoo!_Messenger

You Might Also Like

0 Coments

Pageviews

Instagram

Soon To Be ...