Kalimat Majemuk dan Pola Unsur Kalimat

November 13, 2013


Kalimat Majemuk Setara
  1. Lala akan memnuat tugas Bahasa Indonesia, kemudian mengirimnya melalui e-mail.
  2. Maya membaca komik dan Pipit membersihkan rumah.
  3. Ismi akan pergi ke kantor menggunakan motor atau mobil.
  4. Dinar mengunakan tas berwarna merah, sedangkan Axelyo menggunakan tas berwarnas hitam.
  5. Pelari yang kemarin terjatuh itu tidak jera, bahkan semakin hebat.
Kalimat Majemuk Bertingkat
  1. Prilli sedang menjemur pakaian, ketika matahari berada di puncak.
  2. Fiqri akan tetap berangkat ke kantor menggunakan motor, walaupun besok hujan turun dengan lebat.
  3. Andi akan mendapat nilai sempurna, jika kemarin ia belajar dengan giat.
  4. Priyo tidak bisa mengikuti ujian hari ini, sebab ia sedang sakit.
  5. Bimo tidak lulus ujian, padahal ia anak yang pandai.
Pola Unsur Kalimat
  1. Saya berolahraga. (SP)
  2. Saya mengerjakan tugas Bahasa Indonesia. (SPOPel)
  3. Saya bermain musik. (SPO)
  4. Saya tertidur kemarin. (SPKet.Waktu)
  5. Saya menempelkan kertas dengan lem. (SPOKet.Alat)

You Might Also Like

0 Coments

Pageviews

Instagram

Soon To Be ...