Tugas Softskill IV: Teknik Pembuatan Animasi dengan Blender
March 06, 2015Nama : Ulfa Alfianita
NPM : 57412511
Kelas : 3IA18
- Jalankan program blender.
- Lakukan pemotongan pada cube dengan membuatnya menjadi setengah bagian, dengan mengunakan perintah ctrl+b kemudian x untuk menghapus bagian yang diinginkan.
- Pada tab modifer pilih mirror agar pengaplikasian pada satu sisi berlaku pula pada sisi yang lainnya, hal ini untuk mempermudah agak obyek terlihat simetris baik sisi kanan maupun kiri.
- Lakukan peng-smooth-an pada cube untuk membuat tampilan cube menjadi lebih rapi, dengan w kemudian pilih Smooth dan lakukan pengaturan pada Number of times to smooth the mesh sampai hasil yang diinginkan tercapai. Pastikan obyek dalam keadaan Edit Mode.
- Buatlah tonjolan pada bagian depan cube untuk membuat bagian muka helm astronot menggunakan ctrl+e untuk mengeksekusi cube. Lakukan lagi langkah 3 agar obyek terlihat lebih rapi.
- Pilih tab Sculpt Mode untuk membuat obyek lebih rapi. Sesuaikan properties untuk melakukan peng-smooth-an pada obyek.
- Lakukan langkah 6 sampai hasil yang diinginkan tercapai.
- Untuk pembuatan tubuh, lakukan peng-extrude-an dengan menggunakan ctrl+e atau dengan menggerakan sumbu x, y, atau z sesuai bagian yang diinginkan.
- Buatlah ukuran dan bentuk tubuh sesuai yang diinginkan, seperti di bawah ini.
- Untuk pewarnaan, dapat dilakukan pada tab Material dan pilih warna yang diinginkan, kemudian Assign untuk dieksekusi.
- Tambahlah plane dengan menekan shift+a dan pilih Plane sesuaikan dengan lebar kamera.
- Untuk memberi warna dan gambar pada obyek Plane lakukan pengaturan pada tab Texture dan pilih gambar yang diinginkan. Kemudian lakukan penyesuaian letak dengan mengubah tampilan menjadi UV/Image Editor.
- Untuk sementara, tampilan obyek akan seperti ini.
- Untuk menambahkan bone, pada modifier pilih cliping untuk menghilangnya efek mirror.
- Pilih Armature pada menu Add atau shift+a untuk mempermudah.
- Sesuaikan posisi bone pada obyek. Kemudian pilih ctrl+p dan pilih Armature Deform With Automatic Weights.
- Pilih Pose Mode untuk melihat apakah Armature berhasil atau tidak.
- Buat obyek tambahan untuk membuat obyek tampak lebih baik dengan perintah shift+a kemudian pilih obyek yang diinginkan dan sesuaikan dengan keinginan. Sehingga obyek menjadi seperti di bawah ini.
- Lakukan pengaturan pada Time Line untuk membuat waktu animasi dengan melakukan gerakan pada obyek.
- Tekan i setelah menetapkan waktu dan gerakan dari obyek untuk memilih LocRot agar gerakan pada obyek terkunci pada keyframe.
- Lakukan langkah sebelumnya hingga gerakan yang diinginkan tercapai.
-
Jika sudah selesai, masuk ke tab Render lalu pilih Animation untuk menyimpan, sebelumnya lakukan pengaturan pada Output Movie, ubahlah dalam bentuk seperti di bawah ini.
- Tentukan tempat penyimpanan file untuk mempermudah pencarian.
- Untuk animasi astronot, dapat dilihat pada file Astronot.avi.
Story Board: Astronot berada di bulan dan sedang melambai-lambaikan tangannya ke kamera.
0 Coments