Quiz V-Class Jaringan Komputer Lanjut

November 02, 2015

Nama   : Ulfa Alfianita

NPM    : 57412511 

Kelas  : 4IA18 

  1. Apakah dimaksud dengan komunikasi broadband ?
  2. Sebutkan keuntungan SONET !
  3. Jelaskan prinsip kerja ATM !
  4. Apakah yang dimaksud dengan DSL ?
Jawab:
  1. Komunikasi broadband adalah komunikasi dua arah yang memungkinkan internet digunakan untuk mengakses layanan dan konten dengan kecepatan yang tinggi dan kapasitas yang juga tinggi. Pada saat ini, peggunaan internet broadband dapat menikmati kecepatan mulai dari 1,5 Mb/s ke hingga lebih dari 100 Mb/s. Dengan komunikasi broadband ini pengguna dapat menikmati berbagai layanan canggih seperti VOIP (Voice Over Internet Protocol) dan IPTV (Internet Protocol Televisi).

  2. Keuntungan SONET (Synchronous Optical Network) atau (Synchronous Digital Hierarchy) merupakan jaringan yang menawarkan biaya transportasi yang efektif pada jaringan akses dan jaringan inti/core. Lapisan optik yang digunakan menyediakan layanan transportasi untuk aplikasi jarak jauh yang secara langsung mendukung layanan data.

    Keuntungan SONET adalah dapat memberikan fungsionalitas yang bagus baik pada jaringan kecil, medium, maupun besar.
    • Collector ring menyediakan interface ke seluruh aplikasi, termasuk local office, PABX, access multiplexer, BTS, dan terminal ATM.
    • Manajemen bandwith berfungsi untuk proses routing dan manajemen trafik.
    • Jaringan backbone berfungsi menyediakan konektifitas untuk jaringan jarak jauh.

  3. ATM telah direkomendasikan oleh CCIT sebagai node transfer untuk B-ISDN. Pada ATM, informasi dikirim dalam blok data dengan panjang tetap yang kemudian disebut dengan sel. Sel merupakan unit dari switching dan transmisi. Untuk mendukung layanan dengan rate beragam, maka pada selang waktu tertentu dapat dikirimkan sel dengan jumlah sesuai dengan rate-nya.

    Sebuah sel terdiri atas informasi field yang berisi informasi pemakai dan sebuah header. Informasi field dikirim dengan transparan oleh jaringan ATM dan tak ada proses yang dikenakan padanya oleh jaringan. Urutan sel dijaga oleh jaringan dan sel diterima dengan urutan yang sama seperti pada waktu dikirim. Header berisi tabel yang melambangkan informasi jaringan seperti addressing dan routing.


    Konsep ATM merupakan kombinasi dari konsep circuit dan paket switching, karena ATM memakai konsep connection oriented dan menggunakan konsep paket berupa sel.

    Setiap hubungan mempunyai kapasitas pengiriman (bandwidth) yang ditentukan sesuai dengan permintaan pemakai, selama kapasitas atau resource-nya tersedia. Dengan resource yang sama, jaringan mampu membawa beban yang lebih banyak karena jaringan mempunyai kemampuan statical multiplexing.
  4. DSL adalah teknologi akses yang menggunakan saluran kabel tembaga eksisting untuk layanan broadband. Berbagai jenis dan tipe teknologi yang dihasilkan dari DSL antara lain; HDSL, ADSL, IDSL, SDSL, VDSL, dan sebagainya.

You Might Also Like

0 Coments

Pageviews

Instagram

Soon To Be ...