NoSQL Database

March 26, 2016

Pengertian NoSQL Database

NoSQL (Not Only SQL) Database  tidaklah sama dengan RDBMS (Relational) dan ODBMS (Object Oriented), karena NoSQL Database tidak mengenal istilah retional dan konsep skema. NoSQL juga menggunakan beberapa metode yang berbeda-beda. Metode ini tegantung dari jenis database yang digunakan, karena NoSQL sendiri merupakan konsep database dan pada implementasinya memiliki banyak jenisnya. Tiap tabel berdiri sendiri tanpa tergantung dengan tabel lainnya.

Pada konsep DBMS yang sering dijumpai, ketika proses insert diharuskan untuk mendefinisikan terlebh dahulu struktur tabel seperti tipe data dan ukurannya. Namun pada NoSQL data dapat disimpan tanpa perlu mendefinisikan tipe data dan ukurannya lagi. Sehingga lebih fleksibel bila terdapat perubahan pada nantinya.

Cara Penyimanan

NoSQL Database ini berbeda dengan SQL Database lainnya, salah satu yang dapat dengan jelas terlihat adalah cara penyimpanannya. Pada NoSQL terdapat beberapa cara penyimpanan, yaitu:
  • Key-Value Based (disimpan dalam bentuk kunci dan isi berpasangan)
  • Document Based (disimpan dalam bentuk dokumen)
  • Column Based (disimpan dalam kolom-kolom)
  • Graph Based (disimpan dalam bentk graf)
Selain cara penyimpanan, cara penambahan dan pemanggilan data pada NoSQL Database juga berbeda.

Jenis NoSQL Database
  • MonggoDB
    Dikembangkan sejak tahun 2009, MonggoDB saat ini telah mendukung hampir semua bahasa pemrograman untuk dapat berinteraksi. MonggoDB merupakan basis data NOSQL yang document based dan menyimpannya dalam suatu dokumen JSON yang disebut BSON (Binary JSON).
  • CouchDB
      Sama seperti dengan MonggoDB, CouchDB juga menyimpan datanya dalam bentuk dokumen. Database ini merupakan proyek open source yang dikembangkan dalam bahasa pemrograman Erlang, oleh karena itu pengguna dapat berkontribusi dalam pengembangannya.
    • Cassandra

    • Database yang dikembangkan oleh Apache ini adalah jenis database terdistribusi yang digunakan untuk menangani jumlah data yang sangat besar dan terstruktur. Beberapa perusahaan besar yang menggunakan Cassandra adalah:

      - Facebook
      - Digg
      - IBM
      - Reddit
      - Rackspace
      - CERN
      - Apple
      - Twitter
      Cassandra merupakan aplikasi open source yang ditulis dalam bahasa pemrograman Java dengan lisensi Apache License 2.0. Untuk meproses data, Cassandra menggunakan bahasa sendiri yang mirip dengan SQL, yaitu Cassandra Query Language (CQL).
    • Redis

    • Database open source ini berbasis key-value dan merupakan database yang paling populer menurut situs DB-Engines.com karena memiliki fitur in-memory, network, dan durasibilitas tinggi. Redis merupakan akronim dari REmote DIctionary Server. Database ini dikembangkan oleh Salvatore Sanfilippo sejak tahun 2009 lalu dan ditulis dalam bahasa C.

    • Riak

    • Riak merupakan database terdistribusi yang menyimpan datanya dalam bentuk key-value dan menawarkan fitur high availability, fault tolerance, operational simplicity, dan scalability. Riak memiliki dua versi, open source dan enterprise edition.
    • Neo4J

    • Database dengan sistem graf ini dapat menyimpan relasi antar objek dalam struktur graf, dimana setiap objek merujuk ke objek lainnya secara langsung. Dalam menambahkan maupun menampilkan data, Neo4J memiliki bahasa sendiri yang disebut dengan Cypher.
    • OrientDB

    • Database buatan Orient Technologies LTD ini pertama kali dirilis pada 2010 lalu dan diklaim sangat cepat dan mampu menyimpan sebanyak 220.000 record per detik diperangkat standar sekalipun.
    Kelebihan NoSQL Database
    1. NoSQL dapat menampung data yang terstruktur, semi terstruktur, dan tidak tidak terstrutur secara efisien dalam skala besar sekalipun.
    2. Menggunakan OOP dalam pengaksesan atau manipulasi datanya.
    3. NoSQL tidak mengenak skema tabel yang kaku dengan format data yang juga kaku. NoSQL sangat cocok untuk data yang tidak terstruktur, istilah untuk fitur ini adalah Dynamic Schema.
    4. Autosharding, jika database NoSQL dijalankan di cluster server (multiple server), maka data akan tersebar secara otomatis dan merata keseluruhan server.
    Sumber:
    http://blog.randisunarsa.web.id/?p=383
    http://www.candra.web.id/pengantar-database-nosql-dan-mongodb/
    https://www.codepolitan.com/7-basis-data-nosql-populer/
    http://www.diskusiweb.com/discussion/41339/mengenal-mongodb-open-source-database-nosql-document-oriented/p1 
    http://www.jejaring.web.id/cara-mudah-memahami-nosql-database/
    http://nareswara.com/2011/07/06/apa-itu-nosql-database/
    http://sutanto.org/nosql_vs_sql/

    You Might Also Like

    0 Coments

    Pageviews

    Instagram

    Soon To Be ...