Dunia Maya dengan Kelebihan dan Kekurangannya

January 11, 2014

Di dunia modern ini, tidaklah sedikit dari sekian banyak orang yang mengetahui tentang internet dan cara kerjanya. Sebenarnya, apa itu internet ?. Banyak yang mengatakan bahwa internet adalah jalan masuk menuju sebuah dunia baru, internet adalah satu-satunya akses menuju dunia maya. Dunia maya atau dunia virtual adalah tempat dimana semua orang bebas masuk dan melakukan segala sesuatu.

Sejak awal lahirnya internet, dunia maya tidak pernah sepi pengunjung. Bahkan saat inipun tak sedikit forum, search engine, website, blog, dan jejaring sosial muncul di dunia maya. Tak sedikit pula yang memiliki kesemua aplikasi yang disediakan dunia maya. Seperti seseorang yang memiliki akun di Facebook yang juga memiliki Twitter, Blogger, MySpace, dan akun-akun lainnya di berbagai website.

http://katarinaldi.files.wordpress.com/2009/09/dunia-maya16.jpg

Dari sekian banyak hal yang dapat kita lakukan di dunia maya, apakah semua hal tersebut baik dan aman bagi kita, penggunjung setia dunia maya. Pada dasarnya, hanya perlu memiliki koneksi internet untuk dijadikan tiket masuk menuju dunia maya dan kita semua dapat menikmati fasilitasnya, oleh karena itu tidak sedikit orang yang memafaatkan dunia maya secara negatif. Tetapi tidak sedikit pula yang menggunakannya secara benar dan sesuai dengan aturannya.

Dunia maya memiliki banyak kelebihan bagi penggunanya, antara lain:
  • Dunia maya merupakan alat transportasi tercepat di dunia, dimana seseorang dapat berpindah dari satu tempat menuju tempat lainnya hanya dalam waktu beberapa detik.
  • Di dunia maya kita bisa dengan mudah mendapatkan informasi dan data yang kita cari.
  • Di dunia maya kita bisa mendapatkan musik ataupun film secara gratis tanpa perlu mengeluarkan uang.
  • Dunia maya mempermudah komunikasi antar pengguna yang dibatasi oleh jarak.
  • Dunia maya merupakan media periklanan terbesar yang pernah ada.
Dari banyak kelebihan di atas, dunia maya juga memiliki banyak kekurangan, seperti:
  • Dunia maya dapat memutuskan tali silahturahmi, karena tak sedikit orang yang kecanduan dengan dunia maya dan menghabiskan waktu berjam-jam disana.
  • Di dunia maya siapa saja bisa melakukan kejahatan.
  • Dunia maya seseorang dapat dengan mudahnya mendapatkan informasi tentang orang lainnya, hal itu dapat merusak privasi seseorang.
  • Di dunia maya banyak virus bertebaran dan dapat dengan mudahnya merusak ganged yang kita miliki.
Sekian banyak kelebihan dan kekurangan dunia maya, tetap saja dengan dunia maya memiliki nilai tersendiri bagi penikmatnya, hanya perlu berhati-hati dan tidak sembarangan membuat akun ini dan itu, maka kita dapat terhindarkan dari kejahatan dunia maya.

Sumber :
Internet. Dalam www.id.wikipedia.org diakses tanggal 11 Januari 2014.
10 kelemahan dan 10 kelebihan internet. Dalam www.myfelruusmilan.blogspot.com diakses tanggal 11 Januari
          2014.

Sumber Gambar :
Liberalisme di Dunia Maya. Dalam www.katarinaldi.wordpress.com diakses tanggal 11 Januari 2014.

You Might Also Like

0 Coments

Pageviews

Instagram

Soon To Be ...