Pengertian dan Jenis Komputer

January 28, 2014

Komputer adalah alat yang dipakai untuk mengolah data menurut procedur yang telah dirumuskan. Istilah komputer sendiri berasal dari bahasa Inggris to compute yang berarti menghitung, karena awalnya komputer lebih digunakan sebagai perangkat bantu dalam hal penghitungan angka-angka sebelum akhirnya menjadi perangkat multifungsi. Komputer saat ini adalah hasil evolusi panjang dari komputer zaman dahulu, yang mulanya adalah alat mekanik dan elektronik.

Jenis-jenis Komputer
  • Berdasarkan Data yang Diolah

    1. Komputer Analog

       

      Komputer jenis ini, adalah komputer yang disediakan untuk menerima sinyal analog. Biasanya data yang tertera berbentuk angka karena data yang didapatkan berbentuk gelombang. Komputer jenis ini banyak digunakan untuk kegiatan ilmiah. Seperti pengecekan suhu dan pengecekan aliran BBM dalam SPBU.
    2. Komputer Digital
      Komputer jenis ini adalah komputer yang selama ini kita kenal. Data yang diterima sudah bersifat digital, fungsinya adalah mengolah data yang sudah berbentuk kuantitatif, dalam bentuk huruf, angka, tanda baca, dan sebagainya.
    3. Komputer Hybrid

       

      Komputer Hybrid memiliki kemampuan komputer analog dan digital. Komputer ini sudah dapat mengolah data yang berbentuk kualitatif dan kuantitatif. Sehingga data yang berbentuk kualitatif akan memiliki hasil kuantitatifnya pula dan sebaliknya.
  • Berdasarkan Bentuk
    1. Super Computer

      Komputer ini merupakan komputer yang membutuhkan banyak tenaga listrik. Biasanya digunakan untuk penelitian ilmiah. Komputer ini memiliki banyak prosesor untuk menjalankan tugasnya. Super komputer memili kecepatan yang tinggi, karena biasanya digunakan untuk memperkirakan cuaca, riset iklim, dan untuk kepentingan militer.
    2. Mainframe


      Mainframe dapat digunakan oleh banyak orang dalam waktu yang bersamaam. Hampir seperti mini komputer, hanya mainframe sedikit lebih besar dan tentunya lebih mahal. Umumnya digunakan untuk pengolahan data dalam perusahaan besar.
    3. Minicomputer


      Sama seperti mainframe, hanya saja minicomputer lebih murah, lebih kecil, dan tentusaja dapat digunakan oleh siapapun. Minicomputer lebih mudah dioperasikan dibandingkan dengan mainframe, sehingga komputer jenis ini lebih sering disebut dengen sever.
    4. Personal Computer


      Komputer jenis ini adalah komputer yang ditunjukkan untuk seluruh kalangan. Terdiri dari monitor, CPU, mouse, keyboard. Komputer ini tidak membutuhkan banyak tempat, hanya perlu diletakkan di atas meja dan dapat digunakan kapansaja. Biasanya digunakan di rumah, sekolah, kantor, dan sebagainya.
  • Berdasarkan Fungsi
    1. Desktop


      Desktop adalah personal komputer yang digunakan secara umum yang diletakan pada lokasi tertentu. Komputer jenis ini memiliki monitor, CPU, mouse, dan keyboard secara umum. Komputer jenis ini diperuntuhkan untuk digunakan secara personal pada rumah atau kantor, karena dapat diletakkan pada meja.
    2. Laptop


      Laptop adalah jenis komputer jinjing yang dapat dibawa kemanapun dan kapanpun, berbeda dengan desktop. Kesamaannya adalah, semua yang berada pada desktop terdapat pula pada laptop, hanya saja ukurannya diperkecil dan lebih tidak mudah panas. Komputer ini memiliki plot USB sendiri dan sebuah papan sentuh yang digunakan sebagai pengganti mouse, terdapat papan ketik juga dan layar untuk proses penginputan data.
    3. Palmtop


      Komputer ini adalah komputer mini, karena dapat digenggam oleh tangan. Ukurannya sangat kecil jika dibandingkan dengan komputer lainnya. Komputer ini juga sering disebut sebagi handheld computer karena dapat digenggam dengan tangan.

Sumber:
M Hasyim. 2008. Buku Pintar Komputer. Jakarta: Kriya Pustaka.
Jenis-jenis Komputer (Lengkap!). Dalam www.reyvababtista.com diakses tanggal 28 Januari 2014.

Sumber Gambar:
Klasifikasi Komputer. Dalam www.aztechruin.blogspot.com diakses tanggal 28 Januari 2014.
Pengadaan Komputer. Dalam www.javadigital.net diakses tanggal 28 Januari 2014.
PC impian : NEC Powermate P5000 komputer hybrid pertama indonesia. Dalam
          www.prestylarasati.wordpress.com diakses tanggal 28 Januari 2014. 
NASA Advanced Supercomputing Division. Dalam www.en.wikipedia.org diakses tanggal 28 Januari 2014. 
Will the Cloud Make the Mainframe a Dinosaur?. Dalam www.inside-cloud.com diakses tanggal 28 Januari 2014. 
Anyone Can Use A Desktop Computer With The Right Advice. Dalam www.radiofreewebtv.com diakses tanggal 28
          Januari 2014. 
Why You Need a Desktop Computer?. Dalam www.techyounme.com diakses tanggal 28 Januari 2014. 
Sony VAIO S Series SVS1512ACXS 15.5-Inch Laptop (Silver). Dalam www.amazon.com diakses tanggal 28 Januari
          2014. 
What Are The Types Of Computers ?. Dalam www.computersolutionsandtechnicalsupport.blogspot.com diakses
          tanggal 28 Januari 2014.

You Might Also Like

0 Coments

Pageviews

Instagram

Soon To Be ...