Hardware dan Software

January 26, 2014

Hardware (perangkat keras) adalah sekumpulan komponen komputer yag secara fisik dapat dilihat, diraba, dan dirasakan. Kumpulan perangkat keras ini dapat menjadi komputer jika memiliki ketertarikan struktur kinerja setiap kategori komponennya.

Perangkat keras dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:
  • Peralatan Input
    Bagian dari perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data dalam komputer, seperti keyboard, mouse, dan scanner.
  • Peralatan Output
    Perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran dari hasil pengolahan data yang dilakukan komputer. Keluaran yag dihasilkan dapat berupa hard-copy, soft-copy, atau suara. Contohnya, monitor, printer, dan speaker.
  • Peralatan Proses
    Bagian dari komputer yangberperan dalam struktur kerja komputer, misalnya port-port, CPU, dan memori.
  • Peralatan Tambahan (Periferal)
    Perangkat keras tambahan pada komputer yang berfungsi sebagai alat input sekaligus output, misalnya TV tuner, handphone, dan card reader. Selain itu media penghubung antara dua komputer atau lebih juga termasuk ke dalam peralatan tambahan, yaitu modem, USB flash, webcam, dan joy stick.
Software (perangkat lunak) merupakan rangkaian instruksi elektronik yang memerintahkan komputer untuk melakukan tugas tertentu sesuai dengan perintah yang diberikan oleh seorang pengguna komputer. Rangkaian instruksi tersebut yang disebut dengan "program".

 Jenis-jenis perangkat lunak, meliputi:
  • Software Operasi
    Perangkat lunak jenis ini akan mengelola seluruh sumber daya yang terdapat pada komputer dan menyediakan layanan pada pengguna, sehingga memudahkan pengguna dalam mengoperasikan komputer. Contoh software operasi adalah windows, linux, unix, machintos, dan lain sebagainya. 
  • Software Aplikasi
    Pada software ini merupakan perangkat lunak yang secara khusus disediakan untuk melakukan tugas tertentu sesuai dengan kebutuhan pengguna dan komputer itu sendiri. Seperti aplikasi pengolah kata, angka, pembuatan gambar, dan lain sebagainya.
  • Software Programming (Bahasa Pemrograman)
    Software ini merupakan perangkat lunak yang digunakan untuk membantu dalam pembuatan program atau aplikasi.
Sumber:
M Hasyim. 2008. Buku Pintar Komputer. Jakarta: Kriya Pustaka.

Sumber Gambar:
Staying UP to Data with Software. Dalam www.digitalschoolonline.com diakses tanggal 26 Januari 2014.
Unit Fungsional dan Operasional Hardware Komputer. Dalam www.siskomtek.blogspot.com diakses tanggal 26
          Januari 2014.

You Might Also Like

0 Coments

Pageviews

Instagram

Soon To Be ...