Masyarakat Pedesaan dan Masyarakat Perkotaan

November 29, 2012

Masyarakat merupakan sekumpulan (sekelompok) manusia yang mendiami suatu wilayah tertentu. Masyarakat juga dibedakan menjadi beberapa kelompok, antara lain:

Masyarakat Pedesaan


Secara umum, masyarakat pedesaan, seperti namanya, merupakan masyarakat ataupun penduduk yang berada dalam wilayah pedesaan. Mereka juga sering disebut sebagai masyarakat tradisonal. Karena secara tidak langsung, kehidupan yang dijalani masih dalam taraf tradisional.

Masyarakat Perkotaan


Secara umum, masyarakat atau penduduk yang mendiami suatu wilayah tertentu yang lebih besar, dimana dipimpin oleh suatu walikota. Kehidupan masyarakat perkotaan jauh lebih modern dibandingkan dengan masyarakat pedesaan. Mereka memiliki taraf kehidupan yang sangat tinggi, bahkan dapat dibilang canggih.

Kasus yang sering muncul adalah mengenai otonomi daerah. Dimana tidak terjadi pemerataan pendapatan daerah, baik di desa maupun di kota. Otonomi daerah yang tidak merata membuat masyarakat pedesaan yang terabaikan memiliki kehidupan yang rendah. Sementara masyarakat kota (ibu kota) memiliki taraf kehidupan yang jauh berbeda dengan masyarakat pedesaan. Sehingga mumcul perdebatan antara masyarakat pedesaan dan perkotaan.

You Might Also Like

0 Coments

Pageviews

Instagram

Soon To Be ...