Prasangka Diskriminasi dan Etnosentrisme

November 29, 2012

Diskriminasi


Diskriinasi merujuk kepada pelayanan yang tidak adil terhadap individu tertentu, di mana layanan ini dibuat berdasarkan karakteristik yang diwakili oleh individu tersebut. Diskriminasi merupakan suatu kejadian yang biasa dijumpai dalam masyarakat manusia, ini disebabkan karena kecenderungan manusian untuk membeda-bedakan yang lain. Ketika seseorang diperlakukan secara tidak adil karena karakteristik suku, antargolongan, kelamin, ras, agama dan kepercayaan, aliran politik, kondisi fisik atau karateristik lain yang diduga merupakan dasar dari tindakan diskriminasi.

Diskriminasi langsung, terjadi saat hukum, peraturan atau kebijakan jelas-jelas menyebutkan karakteristik tertentu, seperti jenis kelamin, ras, dan sebagainya, dan menghambat adanya peluang yang sama.

Diskriminasi tidak langsung, terjadi saat peraturan yang bersifat netral menjadi diskriminatif saat diterapkan di lapangan, kejadian yang biasa dijumpai dalam masyarakat manusia, ini disebabkan.

Etnosentrinisme


Etnosentrisme yaitu suatu kecenderungan yang menganggap nilai-nilai dan norma-norma kebudayaannya sendiri sebagaai sesuatu yang prima, terbaik, mutlak dan diepergunakan sebagai tolak ukur untuk menilai dan membedakannya dengan kebudayaan lain. Etnosentrisme merupakan kecenderungan tak sadar untuk menginterpretasikan atau menilai kelompok lain dengan tolok ukur kebudayaannya sendiri. Sikap etnosentrisme dalam tingkah laku berkomunikasi nampak canggung, tidak luwes.

Konflik yang sering muncul adalah, dimana terkadang seseorang merasa didiskriminisasi oleh orang yang lainnya, yang pada akhirnya menimbulkan sebuah konflik yang membuatnya menjadi terpecah belah. Selain itu diskriminisasi terkadang sengaja dibuat untuk menimbulkan sebuah konflik besar yang sampai memakan korban jiwa. seperti perbedaan ras, suku, dan agama.

Sumber:
http://dailyhilman.blogspot.com/2012/01/prasangka-diskriminasi-dan.html

You Might Also Like

0 Coments

Pageviews

Instagram

Soon To Be ...